Menjadi Worship Leader part I

1. Pendahuluan – Song Leader dalam Ibadah Mempunyai Peranan Penting

http://www.erikdunton.com/worship/files/page7_1.jpgDalam pujian dan Penyembahan perlu adanya seorang yang memimpin pujian dan penyembahan yang sekarang ini disebut sebagai pemimpin pujian dikenal dengan Worship Leader.

Dalam tulisan ini akan lebih difokuskan bagaimana menjadi seorang Song Leader yang baik yang bisa membawa penyembahan menjadi suatu totalisme sikap hati yang benar dari dirinya dan orang-orang yang akan dipimpin masuk kedalam hadirat Tuhan. Karena pujian dan penyembahan adalah faktor yang penting bagi jemaat ketika beribadah.

Kemudian dalam pujian penyembahan biasanya dibawakan oleh 1 team pujian penyembahan yang terdiri dari Song Leader, Singer dan Team Musik.

Peranan Song Leader menjadi sangat penting karena Song leader menjadi kunci dari team pujian penyembahan hal ini dikarenakan Song Leader menjadi perantara atara jemaat dengan Tuhan dalam Pujian dan penyembahan.

2. Persiapan untuk menentukan hasil dari sebuah Pelayanan Pujian Penyembahan.

Untuk persiapan ada 3 hal yang perlu dipersiapkan, seperti yang diketahui bahwa manusia terdiri dari 3 bagian yaitu tubuh,jiwa dan roh.[1] Maka untuk menjadi seorang song Leader kita harus mempersiapkan tubuh jiwa dan roh kita sebagai dasar persiapan yang utama dalam pelayanan kita.

a. Persiapan Tubuh

Sebelum menjadi seorang song leader perlu diingat juga bahwa sebagai manusia kita mempunyai keterbatasan masalah fisik, jadi untuk persiapan ini yang perlu dilakukan adalah :

- latian pernafasan -> akan menolong sekali saat anda dibutuhkan menjadi energik diatas panggung, dengan lagu-lagu yang susah.

- vokalisasi (pemanasan) -> penting pemanasan supaya tidak melukai pita suara saat bernyanyi.

- Jangan merokok -> pengaruh adalah kualitas suara kita. Tidak kelihatan dalam jangka waktu yang pendek, tapi akan keliatan nanti jika sudah mulai tua

- Gorengan dan Es, sebisa mungkin dihindari. Minyak yang tidak sehat pengaruh dengan kesehatan tenggorokan kita yang menjadi area penting dalam produksi suara. Bagi yang punya amandel, Es akan memicu amandel anda sakit.

- Olah Raga -> Jika kondisi kesehatan anda Fit, akan sangat berpengaruh dengan kemampuan anda tampil di mimbar.

- Istirahat yang cukup.

- Isi perut anda sebelum melayani.

- Air putih yang banyak supaya tidak dehidrasi. Perhatikan bahwa tenggorokan yang kering lebih mudah terserang penyakit dibandingkan yang basah. Minum air putih penting bagi anda.

b. Persiapan Jiwa

Jiwa ini lebih mengarah pada masalah emosional atau temperamen seseorang, banyak orang bilang mood. Untuk persiapan bagian ini tiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda tetapi yang penting usahakan untuk sesedikit mungkin menyinggung hal-hal yang bagi anda cukup sensitif terhadap perasaan anda, ketika anda akan pelayanan, dan masing-masing pribadi mempunyai masalah yang berbeda-beda dalam hal ini.

Intinya jagalah kondisi hati tetap baik sebelum anda menjadi worship Leader. Bahkan jika perlu belajarlah untuk mengkondisikan hati anda menjadi tetap baik saat anda akan memimpin. Dengan membangun kesadaraan seperti ini, anda akan mulai belajar profesional. Artinya pelayanan anda tidak ditentukan oleh apa yang anda rasakan, tetapi berdasarkan komitmen kita dalam melayani Tuhan.

Saya mengajarkan kepada team pelayanan di mimbar, “Sekalipun dibawah panggung kita sedang down, sedih tapi begitu kita naik mimbar dan melayani, kita harus TOTAL memberi yang terbaik. Bisa bersukacita dan menjalankan tanggung jawab tersebut dengan luar biasa” Dan buah dari pelayanan yang TOTAL saya melihat pelayanan team kami begitu diurapi oleh Tuhan.

c. Persiapan Roh

Lebih dari dua persiapan diatas menurut saya bagian ini adalah bagian persiapan yang paling penting sehingga bagian ini tidak boleh diabaikan sama sekali. Prinsip dari setiap pelayanan apapun juga, Pelayanan tersebut kita lakukan karena kita mengasihi Tuhan dan ingin menyenangkan hatiNya dengan taat dan setia.

Point dasarnya, Seorang WL yang baik harus memiliki hubungan pribadi yang baik dengan Tuhan. Keintiman kita dengan Tuhan akan mempengaruhi bagaimana kualitas yang kita hasilkan

Persiapan Dasar :

- Doa, Pujian dan Penyembahan pribadi berjalan baik.

- Doa dan puasa setiap minggu minimal sekali akan membentuk disiplin rohani kita. Tingkatkan jika perlu.

Anda tidak akan pernah bisa memimpin seseorang bertemu dengan Tuhan melalui penyembahan sebelum anda sendiri bisa menemukan Tuhan dalam keintiman

Mengembangkan karunia-karunia roh anda sebagai WL

- Mengembangkan kepekaan anda.

Semakin anda dekat dengan Tuhan, maka kepekaan anda akan semakin terlatih. Sebagai orang yang menjadi perantara dengan Tuhan, belajarlah untuk peka dengan yang Roh Kudus pimpin dalam pelayanan anda. Ada kalanya anda akan dipimpin untuk menyembah dengan tenang, dilain waktu dengan kuat, atau tiba-tiba ada yang harus disampaikan dalam hadiratNya.



[1] Lihat 1 Tes 5 : 23


email anda untuk berlangganan artikel dari Blog ini


TRANSLATE TO ENGLISH

About these ads

About Jafeto

Lovely, Care, Analyse anything... Love to singing, reading, writing, dancing (hip-hop)...
This entry was posted in Worship Leader. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s